MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MANIPULATIF KARTU MENJAHIT (Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah 38, Senen, Jakarta Pusat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 38, Senen, Jakarta Pusat melalui kegiatan bermain manipulatif kartu menjahit di kelompok A. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelompok A TK Aisyiyah 38 yang keterampilan motorik halusnya masih rendah dengan jumlah sebanyak 9 dari 12 anak. Persentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil Analisis data pada praintervensi didapat persentase sebesar 53%. Setelah diberikan tindakan, persentase keterampilan motorik halus meningkat mencapai 65,3%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Persentase keterampilan motorik halus yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 78,9%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan sebesar 39,4%. Berdasarkan keberhasilan persentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa keterampilan motorik halus anak usia dini dapat meningkat melalui kegiatan bermain manipulatif kartu menjahit. Anak mampu menunjukkan ketepatan koordinasi mata dan tangan dalam melihat dan melakukan ragam perubahan gerak pada tangan, serta anak mampu menggunakan kedua tangan secara bersamaan untuk melakukan gerakan yang berbeda