PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK KELAS V SD
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan berbasis PAIKEM pada materi pengukuran volume bangun ruang untuk peserta didik Sekolah Dasar. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Rawamangun 12 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model Borg and Gall serta Kemp, dengan 9 langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan awal produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Responden dalam penelitian dan pengembangan ini diantaranya satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, dan 45 peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAIKEM materi pengukuran volume bangun ruang untuk peserta didik sekolah dasar memperoleh hasil sangat baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut ahli sebesar 98,21%, tahap uji coba lapangan 83%, dan tahap uji pelaksanaan lapangan sebesar 94,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini efektif digunakan oleh peserta didik sekolah dasar. Dengan demikian, modul ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar tambahan dalam mempelajari pengukuran volume bangun ruang.