PENGARUH KEGIATAN BERMAIN TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS III SD (Single Subject Research di SDN Pisangan Baru 10 Petang Jakarta Timur)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain terstruktur terhadap kemampuan mengenal warna pada peserta didik dengan autisme kelas III SD. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan autisme kelas III di SDN Pisangan Baru 10 Petang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (penelitian dengan subyek tunggal) dan menggunakan pola desain A-B-A.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kegiatan bermain terstruktur dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna peserta didik dengan autisme. Kegiatan bermain terstruktur berdampak positif pada kemampuan peserta didik dengan autisme dalam mengenal warna. oleh sebab itu, guru dapat menerapkan kegiatan bermain terstruktur dalam pengembangan kemampuan peserta didik di sekolah.