PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) DAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dan inkuiri terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis eksperimen, dengan desain Posttest Control Group. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini mengunakan cluster random sampling yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen mengunakan startegi REACT dan kelas kontrol mengunakan strategi inkuiri. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner motivasi belajar. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis mengunakan analisis deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). berdasarkan hal yang diperoleh melalui perhitungan mengunakan uji-t, diperoleh dengan hasil hitung thitung (1,9323) > ttabel (1,6654) ehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan stretegi REACT terhadap motivas belajar IPA pada siswa kelas V SDN di kelurahan Perwira, Bekasi Utara.