MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: Apriani Tiar Marsaulina, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1665/1/SKRIPSI%20APRIANI%20TIAR%20MARSAULINA.pdf
http://repository.unj.ac.id/1665/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-E di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir reflektif dalam setiap pembelajaran tidak terkecuali pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran IPS dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada Siklus I aktivitas guru dan aktivitas siswa mencapai 75% dan meningkat pada Siklus II sebesar 12,5% menjadi 87,5%. Sedangkan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pembelajaran IPS mencapai 68% dan meningkat pada Siklus II sebesar 16% menjadi 84% dari sejumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti, yaitu sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran IPS dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning.