PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGPATRI 05 BEKASI
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) tentang struktur tumbuhan dan fungsinya. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangpatri 05yang berjumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmisdan Mc Taggart. Adapun penelitiannya merupakan siklus yangv meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleks. Hasil penelitian ini menunjukan data yang diperoleh pada siklus I, hasil belajar IPA yang diperoleh sebesar siklus l 72.3 % dari jumlah siswa yang telah mencapai niali menjadi siklus ll 82.4 %. 20 orang siswa. Adapun hasil penggnaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siklus I mencapai 75 % dan pada siklus II mencapai 95 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangpatri 05 Bekasi. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat di jadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangpatri 05 Bekasi