MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Petamburan 05 Pagi Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I hasil instrumen kuesioner siswa memperoleh persentase 46,43% dan hasil instrumen pengamatan guru sebesar 57,14% sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 60% dan pemantau tindakan siswa mencapai 65%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil instrumen kuesioner siswa mencapai 92,85% dan hasil instrumen pengamatan guru mencapai 94,63% kemudian pemantau tindakan guru mencapai 92,5% dan pemantau tindakan siswa mencapai 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi quizteam dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa agar dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan menggunakan strategi quizteam.