KUALITAS PELAYANAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BAGI MINAT BACA MAHASISWA (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Jakarta)
Main Author: | Siti Amellia Rachmah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1612/1/Skripsi%20Amelia%20Rachmah%20%284915133442%29.pdf http://repository.unj.ac.id/1612/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aspek kualitas pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta yang dapat meningkatkan minat baca mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini sebanyak 164 orang. Teknik dalam pengambilan sampel diambil secara acak (random sampling) di Jurusan Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif berdasarkan persentase data, kemudian dideskripsikan dalam kalimat. Berdasarkan analisis data diperoleh deskripsi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memberikan kualitas pelayanan yang cukup baik bagi mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta, dengan persentase sebesar 67% yang terdiri dari aspek fisik (tangibles) sebesar 64%, kehandalan (reliability) sebesar 66%, ketanggapan (responsiveness) sebesar 65%, empati (emphaty) sebesar 68% dan jaminan (assurance) sebesar 72%. Minat baca mahasiswa Pendidikan IPS UNJ terhadap kualitas pelayanan UPT Perpustakaan UNJ adalah cukup baik dengan persentase sebesar 65% yang terdiri dari aspek perasaan senang membaca sebesar 63%, kuantitas membaca sebesar 66% dan aspek tersedianya bahan bacaan sebesar 66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan UPT Perpustakaan UNJ yang diterima mahasiswa Pendidikan IPS cukup baik dalam meningkatkan minat baca terlihat dari keseluruhan aspek di antara keduannya.