EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KESELURUHAN DAN BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI SISWA SMAN 4 BEKASI
Main Author: | Richy Hilzawan, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1593/1/BAB%20I.pdf http://repository.unj.ac.id/1593/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara strategi keseluruhan dengan strategi bagian terhadap hasil belajar smash bawah bola voli pada siswa SMAN 4 Bekasi. Penelitian ini dilakukan di lapangan olahraga SMAN 4 Bekasi, perumahan Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. Penelitian ini dimulai pada tanggal 09 Januari 2017 sampai dengan tanggal 1 Februari 2017, dan jadwal pembelajaran setiap hari senin dan rabu pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan menggunakan strategi eksperimen dan dengan jumlah populasi 42 anak di dalam kelas X.2 di SMAN 4 Bekasi. Tetapi hanya 30 sampel yang diambil dalam penelitian ini, cara pemilihan sampel dengan merandom atau mengacak menggunakan nomer undian yang diambil siswa ,dan Sampel kemudian melakukan tes awal smash bawah bola voli. Setelah itu dibagi menjadi 2 kelompok A dan B, dengan cara Genap dan Ganjil. Maka mendapatkan kelompok ganjil A1 menggunakan strategi Keseluruhan sedangkan kelompok genap A2 menggunakan strategi bagian. Yang mana kelompok A1 terdiri dari 15 siswa/i yang menggunakan strategi keseluruhan, sedangkan kelompok A2 terdiri dari 15 siswa/i menggunakan strategi bagian. Setelah pembagian kelompok selesai maka mulai memberikan perlakuan kepada masing-masing kelompok sebanyak 8 kali pertemuan dan setelah itu diadakan tes akhir atau pengambilan data akhir. ii Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data uji âtâ dimulai dengan menghitung thitung untuk dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan = 0,05. Hasil analisa data adalah sebagai berikut 1. Kelompok strategi keseluruhan memperoleh rata-rata awal 24,93 dan rata-rata akhir 28,86. Standar deviasi awal 5,7 dan standar deviasi akhir 4,19, t hitung sebesar 32,75 dan t tabel 2,04. Sehingga terjadi peningkatan dalam strategi keseluruhan. 2. Kelompok strategi bagian memperoleh rata-rata awal 25,13 dan ratarata akhir 30,6. Standar deviasi awal 1,89 dan standar deviasi akhir 1,85 , t hitung sebesar 42 dan t tabel 2,04. Sehingga terjadi peningkatan dalam strategi bagian. Kedua kelompok ini memperoleh nilai standar eror perbedaan mean 1,74, lalu t hitung sebesar 2,76 dan nilai t tabel 2,04 dengan taraf signifikan =0,05 , sehinga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi bagian lebih efektif dari pada strategi keseluruhan dalam meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas X di SMAN 4 Bekasi.