PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN (Studi Kasus di SMP Insan Teladan, Kalisuren, Bogor)

Main Author: Nurul Ramadhita Pramudia Wardani, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1577/1/Skripsi%20Nurul%20Ramadhita%20Pramudia%20Wardani%20%284915133415%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1577/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendidikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik di SMP Insan Teladan serta faktor penghambatnya. Dampak pendidikan nilai-nilai kemanusiaan ini terdiri dari dampak terhadap keseharian siswa dan dampak terhadap lingkungan. Kemudian faktor penghambat tersebut berasal dari yayasan, sekolah, siswa, dan orang tua. Penelitian ini dilakukan di SMP Insan Teladan, Kalisuren, Bogor. Metodologi yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pendidikan nilai-nilai kemanusiaan yang diterapkan di SMP Insan Teladan memiliki dampak yang positif bagi keseharian dan lingkungan di sekitar peserta didik meskipun masih memiliki beberapa faktor penghambat dalam menerapkannya. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya berhasil dari sisi akademik tetapi juga dari sisi moral serta kemanusiaannya.