PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMK NEGERI 44 JAKARTA

Main Author: Ibnu Fadhilah Prayoga, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1533/1/IBNU%20FADHILAH%20PRAYOGA.pdf
http://repository.unj.ac.id/1533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 44 Jakarta dari bulan Juni 2017 hingga Januari 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target yang berjumlah 576 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 134 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengundian. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas XI AK2 sebagai kelas eksperimen dan XI AP1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal. Melalui uji validitas dengan rumus “r product moment” hasilnya menunjukan 40 soal valid dan 20 soal tidak digunakan, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown dengan rii 0,915, berarti instrumen dapat digunakan sebagai alat pengumpul data. Uji persyaratan analisis melalui uji normalitas dengan rumus Lilliefors diperoleh nilai Lhitung terbesar kelas eksperimen 0,071 dan nilai Lhitung terbesar kelas kontrol 0,116 lebih kecil dari Ltabel yaitu 0,160, maka data disimpulkan berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas menggunakan uji Barlett diperoleh nilai 2hitung < 2tabel = 3,112 < 3,84 , karena hal ini berarti kedua sampel yang diteliti memiliki varian yang homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t menghasilkan harga t hitung 3,961 > t tabel 2,00 dengan taraf signifikansi 95% ( α = 0,05). Hal ini dapat diartikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran Time Token Arends lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar sejarah