Daftar Isi:
  • Penelitian ini menunjukan bagaimana new media yaitu konten akun Instagram ketimbang.ngemis.jakarta dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa sehingga menghasilkan tindakan atas persepsi yang didapat. Adapun yang hendak dilihat ialah mengenai bagaimana proses new media dalam membentuk persepsi hingga memberikan berbagai macam bentuk tindakan yang dihasilkan atas persepsi yang terbentuk. Untuk itu, argumen dalam penelitian ini menggunakan konsep interaksionisme simbolik dan altruism. Pada bagian awal tulisan ini dijelaskan mengenai konten sebagai ruang produksi persepsi yang berasal dari nilai pada individu terbentuk baik dari agama, keluarga, maupun konten yang diposting di instagram KNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten instagram KNJ dapat membentuk persepsi warganet dikarenakan isi yang ada pada konten tersebut yang terdapat foto sosok lansia dan kutipan cerita kehidupan yang dapat membuat orang lain merasakan simpati dan empati pada dirinya. Setelah simpati dan empati yang dirasakan dan terdapatnya nilai yang dinternalisasikan dari kehidupan pribadi mahasiswa maka terbentuklah reaksi berupa komentar yang dilakukan dan kontribusi seperti donasi hasil studi ini menunjukkan terdapatnya simbol yang sengaja ditunjukkan. Penelitian ini berangkat dari hasil riset kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi.