PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen di Kelas X SMK Negeri 31 Jakarta

Main Author: Eka Eviyanah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1505/1/Skripsi%20Eka%20Eviyanah%20%284415131172%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2017 sampai Januari 2018.Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target adalah seluruh siswa SMK Negeri 31 Jakarta, terdiri dari 16 kelas yang berjumlah 541 siswa. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa Kelas X yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik Simple Random sampling sehingga didapatkan kelas X OTP 2 (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) sebagai kelas kontrol. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan dari 60 soal instrumen 40 soal valid dan 20 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown di peroleh dengan demikian instrumen tersebut dapat digunakan. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh maka Ho : μ1 ≥ μ2 atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan pada taraf kepercayaan 95% , maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta.