PENINGKATAN KEMATANGAN SOSIAL MELALUI LATIHAN SENAM OTAK :Penelitian Tindakan, Kelompok Belajar B Nurul Ilmi Montessori Islamic Preschool Bekasi, Tahun 2014

Main Author: Sukrina Saida Bahri, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1470/1/Tesis%20Sukrina%20Saida.pdf
http://repository.unj.ac.id/1470/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kematangan sosial anak usia 5-6 tahun melalui bryan game di Nurul Ilmi Montessori Islamic Preschool Bekasi Jawa Barat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan rekaman. Hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan kematangan sosial sebesar 30,84%. Perbandingan hasil kematangan sosial sebelum dan sesudah penelitian dari 22 responden diketahui bahwa total skor data pretest 858, rata-rata 66, total skor data post test 1499, rata-rata 68,14. Berdasarkan hasil ini, para peneliti menyarankan: 1) Guru harus menciptakan proses belajar yang kondusif, nyaman dan menyenangkan, menyiapkan media yang yang bertujuan untuk meningkatkan kematangan sosial secara konkret sehingga anak dapat dirangsang dengan benar, 2) sekolah, lebih mengembangkan senam otak yang mendukung kematangan sosial sehingga dapat meningkatkan self-help general, self-help eating self-help dressing, self-direction, occupation, communication, locomotion socialization