PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP SISTEM FULL DAY SCHOOL

Main Author: Ajeng Nur Aryani, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1440/1/Skripsi%20Ajeng.pdf
http://repository.unj.ac.id/1440/
ctrlnum 1440
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1440/</relation><title>PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK &#xD; TERHADAP SISTEM FULL DAY SCHOOL</title><creator>Ajeng Nur Aryani, .</creator><subject>H Ilmu Sosial (Umum, Pendidikan IPS)</subject><description>Pada saat ini terlihat beberapa peserta didik kurang memiliki motivasi belajar. Begitu pula yang terlihat di SMP Negeri 225 Kalideres yang menerapkan sistem full day school, sekolah ini termasuk sekolah yang memiliki prestasi namun motivasi belajar peserta didiknya terlihat kurang berbeda dengan SMP Negeri 115 Tebet yang menerapkan sistem reguler mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik yang memakai sistem full day school dengan peserta didik yang memakai sistem reguler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi yang digunakan berjumlah 280 peserta didik dan 282 peserta didik. Jumlah sampel yang digunakan 79 peserta didik dan 78 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling. Jumlah responden yang dijadikan uji coba instrumen dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi berupa jumlah rata-rata kelas full day school kelas VIII dengan kelas reguler kelas VIII. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik yang signifikan terhadap sistem full day school. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rxy sebesar 2,43 atau hanya sebesar 24% sedangkan 76% ditentukan oleh faktor yang lain.</description><date>2018-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1440/1/Skripsi%20Ajeng.pdf</identifier><identifier> Ajeng Nur Aryani, . (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP SISTEM FULL DAY SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1440</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ajeng Nur Aryani, .
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP SISTEM FULL DAY SCHOOL
publishDate 2018
topic H Ilmu Sosial (Umum
Pendidikan IPS)
url http://repository.unj.ac.id/1440/1/Skripsi%20Ajeng.pdf
http://repository.unj.ac.id/1440/
contents Pada saat ini terlihat beberapa peserta didik kurang memiliki motivasi belajar. Begitu pula yang terlihat di SMP Negeri 225 Kalideres yang menerapkan sistem full day school, sekolah ini termasuk sekolah yang memiliki prestasi namun motivasi belajar peserta didiknya terlihat kurang berbeda dengan SMP Negeri 115 Tebet yang menerapkan sistem reguler mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik yang memakai sistem full day school dengan peserta didik yang memakai sistem reguler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi yang digunakan berjumlah 280 peserta didik dan 282 peserta didik. Jumlah sampel yang digunakan 79 peserta didik dan 78 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling. Jumlah responden yang dijadikan uji coba instrumen dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi berupa jumlah rata-rata kelas full day school kelas VIII dengan kelas reguler kelas VIII. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik yang signifikan terhadap sistem full day school. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rxy sebesar 2,43 atau hanya sebesar 24% sedangkan 76% ditentukan oleh faktor yang lain.
id IOS7130.1440
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:40:56Z
last_indexed 2019-07-23T08:40:56Z
recordtype dc
_version_ 1686502316819087360
score 17.538404