STRATEGI PEMBELAJARAN TARI PADA ANAK MARJINAL DI YAYASAN SAHABAT ANAK MANGGARAI
Main Author: | Rahel Tamariska, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1438/1/RAHEL%20TAMARISKA.pdf http://repository.unj.ac.id/1438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari pada anak marjinal dengan strategi pembelajaran langsung dengan menggunakan tahap-tahap pembelajaran sebagai ciri dari strategi pembelajaran langsung, sehingga anak marjinal dapat memiliki keterampilan tari dan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai bekal menjalani masa depan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara menggambarkan secara sistematis dan mendalam terhadap objek penelitian yaitu anak marjinal. Penelitian dilakukan di yayasan Sahabat Anak Manggarai. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan lapangan, studi pustaka,dan studi dokumen. Strategi Pembelajaran tari pada anak marjinal di yayasan Sahabat Anak Manggarai menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan lima sintaks atau tahapan pembelajaran sebagai alur kegiatan pembelajaran, tahapan tersebut meliputi penyampaian tujuan pembelajaran tari, mendemonstrasikan materi pembelajaran tari, membimbing pelatihan tari, mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik serta memberikan kesempatan latihan tari lanjutan. Strategi pembelajaran langsung ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab, dilakukan dengan cara pemberian stimulus secara terus menerus yang akan direspon oleh otak. Metode pembelajaran khusus yang diberikan dengan demonstrasi secara langsung, artinya mengarahkan anggota tubuh anak marjinal seperti tangan dan kaki, dengan demikian pembelajaran tari dapat mengembangkan keterampilan menari pada anak marjinal. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran tari pada anak marjinal memerlukan strategi pembelajaran khusus yaitu strategi pembelajaran langsung agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan keterampilan menari anak marjinal dapat berkembang dengan baik melalui pembelajaran tari.