PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA Studi Eksperiment Pada Siswa di SMA Negeri 2 Kota Padang
Main Author: | A. Apri Satriawan Chan, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1416/1/TESIS%20PDF.pdf http://repository.unj.ac.id/1416/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar inklusi dan gaya mengajar latihan serta percaya diri terhadap hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan rancangan treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 787 siswa. Penetapan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu menetapkan siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang berjumlah 64 siswa. Sampel perlakuan dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa setelah dilakukan pembagian kelompok 27% percaya diri tinggi dan 27% percaya diri rendah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola pada perlakuan gaya mengajar inklusi (A1) lebih tinggi dari hasil gaya mengajar latihan (A2). (2). Terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar (A) dan percaya diri (B) terhadap hasil belajar passing dalam permainan sepakbola. (3). Hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola pada perlakuan gaya mengajar inklusi percaya diri tinggi (A1B1) lebih tinggi dari hasil gaya mengajar latihan percaya diri tinggi (A2B1). (4). Hasil Hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola pada perlakuan gaya mengajar inklusi percaya diri rendah (A1B2) lebih rendah dari hasil gaya mengajar latihan percaya diri rendah (A2B2).