PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL PADA SISWA KELAS XII TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK NEGERI 3 TANGERANG

Main Author: Duwi Oktasari, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1349/1/DUWI%20OKTASARI%205535134162.pdf
http://repository.unj.ac.id/1349/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Sanggul Gala dengan menerapkan model pembelajaran Quantum teaching. Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK N 3 Tangerang pada siswa kelas XII Tata Kecantikan rambut dengan jumlah siswa 31 siswa. Alokasi waktu pada masing-masing siklus adalah 3 x 6 x 45 menit dilaksanakan pada hari rabu tanggal 27 September sampai dengan tanggal 8 November 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan(observasi), dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum teaching pada pelajaran Penataan Sanggul Gala SMK Negeri 3 Tangerang.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan(observasi), dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran Penataan Sanggul Gala SMK Negeri 3 Tangerang. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari tes dasar sampai dengan post tes siklus II, yaitu yang mencapai KKM praktik ada 10 siswa, pada post test siklus I meningkat menjadi 16 siswa, dan pada post test siklus II semua siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan yang mencapai nilai KKM tertulis, pada tes dasar ada 17 siswa meningkat pada post test siklus I menjadi 24 siswa dan pada post tes siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Test praktik pada pretest ke post tes siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 1,9 poin dari 77,6 menjadi 79,53 dan pada post test siklus I ke post test siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 4,92 poin dari 79,53 menjadi 84,45. Tes tertulis pre test ke post test di siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 7,1 poin dari 71,23 menjadi 78,32 dan pada post test siklus I ke post test siklus II terjadi peningkatan rata-rata belajar siswa 5.68 poin dari 78,32 menjadi 84,00. Nilai akhir rata-rata tes praktik dan tes tertulis pada pre test yaitu 75,08, Pada post test siklus I 79,05 dan pada post test siklus II 84.25.