HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DAN MINAT PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 123 JAKARTA

Main Author: Yeni Ocktifiyani, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1313/1/Skripsi_5235122690_YENI_OCKTIFIYANI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1313/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 123 Jakarta; (2) hubungan antara minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 123 Jakarta; (3) hubungan antara intensitas dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran, secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 123 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 123 Jakarta yang berjumlah 200 orang dengan sampel 68 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi bivariat dan teknik korelasi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif tapi tidak signifikan antara intensitas penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar mata pelajaran TIK; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar mata pelajaran TIK; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas dan minat penggunaan komputer sebagai media pembelajaran, secara bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran TIK.