Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajardan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di MAN 21Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode surveydengan pendekatan Regresi , populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XIdi MAN 21Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Random Sampling sebanyak 163orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalahŶ = 40,428 + 0,227 X1 + 0,4371 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Sminovdengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya.Uji linieritas regresi Y atas X1dan Y atas X2menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000< 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1dan X2menghasilkan Fhitung> Ftabel, yaitu 38,427>3,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1thitung= 2,969dan ttabel=1,65694, Y atas X2thitung= 6,568dan ttabel= 1,65694. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajardan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan disiplin belajardan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi Y atas X1dan X2yang diperoleh sebesar 0,377 yang menunjukkan bahwa 37,7% variabel hasil belajar ditentukan oleh disiplin belajardan lingkungan sekolah. Sementara itu, sisanya 66,3% dipengaruhi oleh faktor lain