PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 JAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan lingkungan keluargaterhadap hasilbelajar siswa berdasarkan data dan fakta yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode asosiatifdengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumentasi dan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3Jakarta berjumlah 114 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajarterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,621 > 1,98177. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosionalterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,692 > 1,98177. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluargaterhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,750 > 1,98177. (4) Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar, kecerdasan emosional, lingkungan keluargayang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 28,000 > 2,69, koefisien korelasi (R) sebesar 0,658yang berarti keeratan hubungan antar variabel kuat dan koefisien determinasi sebesar 0,433 yang artinya 43,3% ketigavariabel mempengaruhi hasil belajar secara serentak.