ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN KEMENTERIAN KEHUTANAN (KOPKARHUTAN)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan, citra koperasi, kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota Koperasi Karyawan Kementerian Kehutanan (Kopkarhutan). Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah expost facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer. Seluruh varibel dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dilakukan dengan angket kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 100 anggota. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: (a) pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota sebesar 48,6%, (b) pengaruh langsung antara citra terhadap kepuasan anggota sebesar 49,2%, (c) pengaruh langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota sebesar 51,7%, (d) pengaruh langsung antara citra koperasi terhadap loyalitas anggota sebesar 46,4%, (e) pengaruh langsung antara kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota sebesar 48,3%, (f)terdapat pengaruh tidak langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota, (g) dan pengaruh tidak langsung antara citra koperasi terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota.