PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X SMK NEGERI 22 JAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK Negeri 22 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X di SMK Negeri22Jakarta yang berjumlah 216orang siswa dengan sampel 135orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapatpengaruh secara parsial antara hasil belajarpada mata pelajaran ekonomi bisnisdengan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,124lebihbesar dari ttabel sebesar 1,9781. Disiplin siswasecara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,658lebih besar dari ttabel sebesar 1,9781. Secara simultan ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 26,683lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa dengan koefisien korelasi ganda sebesar0,537 dengan demikian,hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 28,8%, yang artinya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasilbelajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis adalah sebesar 28,8%, sedangkan 71,2% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan di dalam penelitian ini.