Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang jenis-jenis teks (Textsorten) yang terdapat pada buku ajar Grüß Dich!karya Helmi Rosana dan Willia Sjarief. Data yang diteliti berupa teks-teks yang terdapat dalam buku ajar tersebut.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam buku ajar Grüß Dich!terdapat 4jenis teks menurut Krumm yang di dalamnya terdapat 68 teks yang termasuk jenis teks dialog (Dialoge), 30teks yang termasuk jenis teks yang menceritakan sesuatu (erzählende Texte), 13teks yang termasuk jenis teks lainnya (di dalamnya terdapatteksberupa lagu, jadwal pelajaran, keterangan medis, formulir, pohon keluarga, perintah, resep masakan, daftar menudan papaninformasi)dan 2 teks yang termasuk jenis tekskoran (Zeitungstexte). Di dalam buku tersebut tidak terdapat jenis teks ilmiah (Sach-/Fachtexte).Untuk jenis-jenis teks menurut Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 terdapat 5jenis teks yang ditemukan dalam buku ajar Grüß Dich!, yaitu jenis teks interaksi interpersonal sebanyak10 teks, jenis teks interaksi transaksional sebanyak60 teks, jenis teks khusus sebanyak17 teks, jenis teks deskriptif sebanyak 23 teks dan jenis teks karya sastra sebanyak 3 teks.Jenis teks yang paling mendominasi pada penelitian ini adalah jenis teks interaksi transaksional.Kesimpulan dari hasil analisis data adalah banyaknya jumlah jenis teks berupa teks dialog dan teks interaksi transaksional dengan topik bahasan jati diri, kehidupan di sekolah, kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari, serta 5jenis teks (interaksi interpersonal, interaksi transaksional, teks khusus, teks deskriptifdan teks karya sastra) menunjukkan bahwa buku Grüß Dich!dapat digunakan oleh pengajar bahasa Jerman sebagai buku peganganuntuk mengajar dengan Kurikulum 2013.