PENGARUH METODE PPP (PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION) DENGAN MEDIA MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Populasi penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 25 siswa pada masing-masing kelas. Metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Group Design dengan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, hasil penghitungan, diperoleh thitungsebesar 12,637, dan diperoleh ttabelsebesar 2,011. Dari data tersebut dapat diperoleh hasil penelitian menolak HO, yaitu terdapat pengaruh metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphicterhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Hasil perhitungan yang didapat dari sampel penelitian yaitu hasil rata-rata posttest kemampuan menulis teks eksplanasikelas eksperimen sebesar 80 dan hasil rata-rata posttest kemampuan menulis teks eksplanasikelas kontrol sebesar 60. Metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic dapat diimplikasikanpada kurikulum 2013 yaitu pada kemampuan menulis teks eksplanasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan teks eksplanasi. Saran penggunaan metode PPP (Presentation, Practice, Production) dengan media motion graphic agar guru dapat mengaplikasikan metode dan media yang kreatif serta menarik untuk pembelajaran teks ekplanasi.