Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengeksplorasi kegunaan grup-grup nomina pada artikel penelitian TESOL, khususnya dalam bagian pendahuluan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Systemic Functional Linguisticsyang diusulkan oleh Halliday. Analisis ini difokuskan pada grup-grup nomina yang digunakan dalam bagian pendahuluan. Penelitian ini membahas pola grup-grup nomina. Tiga artikel penelitian TESOL tentang English Language Educationdipilih. 83 klausa dari RA1, 112 klausa dari RA2, dan 168 klausa dari RA3 dianalisis menggunakan sistemtransitivity.Tabel analisis digunakan sebagai instrumen penelitian ini. Klausa-klausa dikategorisasi menurut process,participants, dancircumstances. Kemudian, participantsdanbeberapacircumstancesdikategorisasi ke dalam enam elemen grup nomina yakni deictic, numerative, epithet, classifier, thing, and qualifier.Penelitian ini menemukan bahwa berbagai pola grup nomina digunakan. Elemen wajib adalah thing. Deicticdan qualifiersering muncul sebagai modifiersdi sisi lain classifier, numerative, and epithet adalah modifers yang paling sedikit digunakan. Terkait fungsi, modifiergrup-grup nomina digunakan untuk membantu penulis menyusun konsep movesdalam bagian pendahuluan yaitu establising the territory, establishing the niche and occupying the niche.