ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP(SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 1 BEKASI)
Main Author: | ANNIS KURNIARAMADHANI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/11734/1/6%20ABSTRAK%20-%20INDONESIA.pdf http://repository.unj.ac.id/11734/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalampemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi.Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahuipenyebab terjadinya kesalahan dalam pemahaman konsep dan seberapa besar persentase tingkat kesalahan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Materi yang diujikan pada penelitian ini adalah teorema Pythagoras.Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret hingga April 2015 yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di dua kelas dari sembilan kelas VIII yang ada di SMP Negeri1 Bekasi. Dari kedua kelas tersebut, ditetapkan sebanyak 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara, yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir soal matematika yang berbentuk uraian yang dikembangkan dari indikator materi danpemahaman konsep, sertapedoman wawancarasemiterstruktur.Berdasarkan hasil penelitian, dikelompokkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan, dengan persentase kesalahan konsep 39,29%, kesalahan menggunakan data 3,57%, kesalahan teknis 25%, dan kesalahan penarikan kesimpulan 32,14%.Penyebab kesalahan konsep yang dilakukan siswayaitu siswa hanya membaca soal dengan sekilas dan tidak memahami sepenuhnya maksud dari soal yang diberikan,kurang teliti dalam menentukan data-data yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soalhanya terfokus pada informasi yang berupa angka saja, siswa hanya terfokus pada satu cara pengerjaan saja dan tidak mencoba menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lemah dalammemvisualisasikan soal ke dalam gambar dan kesulitan juga dalam memahami soal berbentuk gambar, serta kurangnya motivasi siswa untuk memahami soal yang diberikan karena berpikir bahwa soal yang diberikan termasuk sulit.Persentase tingkat pemahaman konsep siswa terhadap penguasaan materi teorema Pythagoras ditinjau dari banyaknya kesalahan yaitu sebanyak empatsubjek dengan pemahaman konsep 90% dengan kategori paham seluruhnya, satu subjek dengan pemahaman konsep 80% dengan kategori paham sebagian, dan dua subjek dengan pemahaman konsep 70% dengan kategori paham sebagian