ctrlnum 11619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/11619/</relation><title>MODEL BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS&#xD; BERBASIS TUGAS (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI SMAN 1 DEPOK SLEMAN)</title><creator>TRI KUSNAWATI, .</creator><subject>Bahasa Perancis</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Bahan ajar Bahasa Prancis untuk siswa sekolah menengah atas di Indonesia masih terbatas dan belum mengakomodir kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendisain bahan ajar bahasa Prancis Berbasis Tugas (PBT) untuk siswa SMA. Responden penelitian ini terdiri dari siswa, guru, dan pakar. Bahan ajar dikembangkan menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dan guru membutuhkan materi ajar Bahasa Prancis berbasis tugas, (2) bahan ajar yang digunakan di SMAN 1 Depok Sleman saat ini ditemukan banyak kesenjangan dengan Silabus Kurikulum 2013, (3) silabus yang disusun merupakan silabus berbasis tugas, (4) bahan ajar yang dikembangkan ini terdiri dari tiga bab dan model bahan ajar bahasa Prancis dirancang berbasis tugas dengan lima strategi tugasnya (kognitif, interpersonal, linguistik, afektif, dan kreatif), (5) berdasarkan penilaian dua pakar dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar bahasa Prancis untuk siswa SMA sudah bagus sehingga layak untuk dipergunakan. (6) model bahan ajar bahasa Prancis berbasis tugas untuk siswa kelas XII SMA efektif untuk digunakan. Selain itu, persepsi siswa dan guru melalui uji keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan hasil yang baik. &#xD; &#xD; Kata Kunci: model bahan ajar berbasis tugas, pembelajaran bahasa Prancis &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; *********&#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; French teaching materials for high school students in Indonesia were still limited and did not accommodate the needs of students and teachers. This study was intended to design task-based French learning materials for high school students. The research respondents consisted of students, teachers, and expert judgements. Learning materials were developed using research and development design. The research findings show that (1) students and teachers need task-based French learning materials, (2) learning materials used at SMAN 1 Depok Sleman currently found many gaps with the 2013 Curriculum Syllabus, (3) the designed syllabus is a task-based syllabus, (4) the learning material developed consists of three chapters with five task strategies (cognitive, interpersonal, linguistics, affective, and creative), (5) the products of French learning materials for high school students are good, (6) the model of task-based French learning material for high school students is effective to use. In addition, the perceptions of students and teachers through the readability test of learning materials developed showed good results. &#xD; &#xD; Keywords: model of task-based learning material, French learning</description><date>2020-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11619/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> TRI KUSNAWATI, . (2020) MODEL BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS BERBASIS TUGAS (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI SMAN 1 DEPOK SLEMAN). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>11619</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author TRI KUSNAWATI, .
title MODEL BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS BERBASIS TUGAS (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI SMAN 1 DEPOK SLEMAN)
publishDate 2020
topic Bahasa Perancis
url http://repository.unj.ac.id/11619/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/2/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/3/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/4/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/5/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/6/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/11619/
contents ABSTRAK Bahan ajar Bahasa Prancis untuk siswa sekolah menengah atas di Indonesia masih terbatas dan belum mengakomodir kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendisain bahan ajar bahasa Prancis Berbasis Tugas (PBT) untuk siswa SMA. Responden penelitian ini terdiri dari siswa, guru, dan pakar. Bahan ajar dikembangkan menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dan guru membutuhkan materi ajar Bahasa Prancis berbasis tugas, (2) bahan ajar yang digunakan di SMAN 1 Depok Sleman saat ini ditemukan banyak kesenjangan dengan Silabus Kurikulum 2013, (3) silabus yang disusun merupakan silabus berbasis tugas, (4) bahan ajar yang dikembangkan ini terdiri dari tiga bab dan model bahan ajar bahasa Prancis dirancang berbasis tugas dengan lima strategi tugasnya (kognitif, interpersonal, linguistik, afektif, dan kreatif), (5) berdasarkan penilaian dua pakar dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar bahasa Prancis untuk siswa SMA sudah bagus sehingga layak untuk dipergunakan. (6) model bahan ajar bahasa Prancis berbasis tugas untuk siswa kelas XII SMA efektif untuk digunakan. Selain itu, persepsi siswa dan guru melalui uji keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan hasil yang baik. Kata Kunci: model bahan ajar berbasis tugas, pembelajaran bahasa Prancis ********* ABSTRACT French teaching materials for high school students in Indonesia were still limited and did not accommodate the needs of students and teachers. This study was intended to design task-based French learning materials for high school students. The research respondents consisted of students, teachers, and expert judgements. Learning materials were developed using research and development design. The research findings show that (1) students and teachers need task-based French learning materials, (2) learning materials used at SMAN 1 Depok Sleman currently found many gaps with the 2013 Curriculum Syllabus, (3) the designed syllabus is a task-based syllabus, (4) the learning material developed consists of three chapters with five task strategies (cognitive, interpersonal, linguistics, affective, and creative), (5) the products of French learning materials for high school students are good, (6) the model of task-based French learning material for high school students is effective to use. In addition, the perceptions of students and teachers through the readability test of learning materials developed showed good results. Keywords: model of task-based learning material, French learning
id IOS7130.11619
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-11-20T15:42:48Z
last_indexed 2020-11-20T15:42:48Z
recordtype dc
_version_ 1686502357030928384
score 17.538404