PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CORE(Connecting-OrganizingReflecting-Extending)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN NEGERI 30 JAKARTA KELAS X PADA MATERI PERSAMAAN KIMIA DAN STOIKIOMETRI

Main Author: Annisatus Sholihah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1158/1/SKRIPSI%20ANNISATUS%20SHOLIHAH-PEND%20KIMIA%202011%284%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1158/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas X pada materi persamaan kimia dan stoikiometri melalui model pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE). Penelitian ini dilakukan pada Januari-Mei 2015 di SMA Negeri 30 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Enam Indikator motivasi belajar siswa yang diteliti untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kuesioner motivasi belajar siswa. Selain itu hasil belajar siswa juga digunakan sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan motivasi belajar sekaligus hasil belajar siswa dengan perubahan strategi pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa juga memberikan peningkatkan pada hasil belajar siswa. Melalui model pembelajaran CORE, siswa diberikan kesempatan untuk aktif, dan inisiatif dalam proses pembelajaran.