ctrlnum 11541
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/11541/</relation><title>PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR</title><creator>PITA INDAH PERMANA, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa buku cerita bergambar berbasis penguatan pendidikan karakter demokrasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys , Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid-1, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas II sekolah dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil uji coba media buku cerita bergambar kepada para ahli memperoleh nilai 98,3% dari ahli media, 92,5% dari ahli materi, dan 97,5% dari ahli bahasa. Hasil dari penilaian ketiga ahli tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 96,1%. Sedangkan dalam uji coba pengguna one to one memperoleh nilai 98,1%. Hal ini menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar memproleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75%-100% sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tema 1 &#x201C;Hidup Rukun&#x201D; Subtema 3 &#x201C;Hidup Rukun di Sekolah&#x201D; kelas II Sekolah Dasar.&#xD; This study aims to make a product in the form of a pictorial storybook based on strengthening democratic character in Pancasila and Civic education learning. The method used in this study is Research and Development (RnD) with the ADDIE development model. The respondents in this study consist of media expert, material expert, and one linguist. Due to the Covid-19, the user trials were only carried out in one to one trial consisting of three students of grade two elementary school who live near to the researcher's domicile. Data collection techniques used in this study are interview, observation, and questionnaire. The results of the pictorial storybook media trial to the experts scored 98,3 percent from the media expert.92,5 percent from the material expert and 97,5 percent from the linguist. The results of the assessment of the three experts obtained an average score of 96,1 percent. While in the one to one trial users scored 98,1 percent. This shows that the pictorial storybook media get a great score with a score range of 75 percent - 100 percent so that it is feasible to be used as a media in teaching Pancasila and Civic education theme 1 "Living in Harmony" sub-theme 3 "Living in Harmony at School" in grade two of elementary school.</description><date>2020-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11541/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PITA INDAH PERMANA, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>11541</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PITA INDAH PERMANA, .
title PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
publishDate 2020
topic Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/11541/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/2/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/3/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/4/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/5/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/6/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/11541/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa buku cerita bergambar berbasis penguatan pendidikan karakter demokrasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys , Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid-1, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas II sekolah dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil uji coba media buku cerita bergambar kepada para ahli memperoleh nilai 98,3% dari ahli media, 92,5% dari ahli materi, dan 97,5% dari ahli bahasa. Hasil dari penilaian ketiga ahli tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 96,1%. Sedangkan dalam uji coba pengguna one to one memperoleh nilai 98,1%. Hal ini menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar memproleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75%-100% sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tema 1 “Hidup Rukun” Subtema 3 “Hidup Rukun di Sekolah” kelas II Sekolah Dasar. This study aims to make a product in the form of a pictorial storybook based on strengthening democratic character in Pancasila and Civic education learning. The method used in this study is Research and Development (RnD) with the ADDIE development model. The respondents in this study consist of media expert, material expert, and one linguist. Due to the Covid-19, the user trials were only carried out in one to one trial consisting of three students of grade two elementary school who live near to the researcher's domicile. Data collection techniques used in this study are interview, observation, and questionnaire. The results of the pictorial storybook media trial to the experts scored 98,3 percent from the media expert.92,5 percent from the material expert and 97,5 percent from the linguist. The results of the assessment of the three experts obtained an average score of 96,1 percent. While in the one to one trial users scored 98,1 percent. This shows that the pictorial storybook media get a great score with a score range of 75 percent - 100 percent so that it is feasible to be used as a media in teaching Pancasila and Civic education theme 1 "Living in Harmony" sub-theme 3 "Living in Harmony at School" in grade two of elementary school.
id IOS7130.11541
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-11-20T15:42:47Z
last_indexed 2020-11-20T15:42:47Z
recordtype dc
_version_ 1686502356858961920
score 17.538404