KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK( Studi KasusGuru PAIdi SMA Negeri 53 Jakarta)

Main Author: ULPAH SYA’IDAH, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/11476/1/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/11476/2/ULPAH%20SYA%E2%80%99IDAH.pdf
http://repository.unj.ac.id/11476/
Daftar Isi:
  • Dalam melakukan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013, seorang guru diharuskan untukmenerapkan penilaian autentik yang sesuai dengan Standar Penilaian. Guru pun dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membuat kesesuaian antara teknik penilaian dan instrumen penilaian yang merupakan syarat instrumen yang telah diatur dalam Permendikbud No 66 Tahun 2013. Namun, pada kenyataannya guru-guru sulit membuat instrumen penilaian yang disesuaikan dengan bentuk penilaian.Penelitian ini bertujuan untuk memahamilebih dalam tentang kemampuan guru PAI dalam melakukan evaluasi pembelajaran melalui penilaian non tes (penilaian autentik).Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknikpengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta sudah paham dalam melakukan perencanaan penilaian autentik melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun dalam melaksanakan penilaian autentik sebenarnya guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta telah mampu, hanya karena kurangnya motivasi diri atau etos kerja dalam diri guru untuk melakukan kompetensi pedagogik, serta sikap profesional khusunya dalam melakukan penilaian atau evaluasi.