Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis adanya pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam meningkatkan motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial bagi peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan mengkaji sumber pustaka yang relavan dengan permasalahan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dari data yang telah dikumpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial peserta didik sekolah dasar. selain dapat meningkatkan motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament membuat pembelajaran ilmu pengetahuan menjadi menyenangkan dan melatih keaktifan peserta didik. Maka dari itu, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kualitas pembelajaran. This research aims to study and analysis positive effects of cooperative learning models type teams games tournament (TGT) to improve learning motivation in social studies for elementary school students. The method that used in this research is qualitative descriptive. the collecting data used observation, interview and study literature which have relavant problem with researcher. the data resources contain from some books, journals, and thesis which have similar issues with researcher. The data analysis techniques that used is Milles and Huberman starting from data reduction, display data, and drawing conclusion. According to the data, cooperative learning models type Teams Games Tournamet could improve learning motivation in social studies for elementary school students. Another advantage it can be fun and interesting learning process and make students more active in class through Teams Games Tournament. Therefore,cooperative learning models type Teams Games Tournament could be alternative to improve learning motivation and quality learning process.