AKTIVITAS FISIK, LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIKARANG TIMUR
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh aktivitas fisik, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cikarang Timur dengan sampel sebanyak 80 siswa kelas XI melalui teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung positif dari aktivitas fisik terhadap hasil belajar PJOK dengan perhitungan sebesar 0,258, (2) terdapat pengaruh langsung positif dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar PJOK dengan perhitungan sebesar 0,212, (3) terdapat pengaruh langsung positif dari motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK dengan perhitungan sebesar 0,288, (4) terdapat pengaruh langsung positif dari aktivitas fisik terhadap motivasi belajar dengan perhitungan sebesar 0,325, dan (5) terdapat pengaruh langsung positif dari lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan perhitungan sebesar 0,334. Dengan demikian, kesimpulan menunjukkan bahwa aktivitas fisik, lingkungan belajar, dan motivasi belajar merupakan faktor penting untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Timur. Kata kunci: aktivitas fisik, lingkungan, motivasi, hasil belajar PJOK