ANALISIS BENTUK MODEL PIRINGAN CAKRAM TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN
Main Author: | Dandy Miswar, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1087/1/SKRIPSI..pdf http://repository.unj.ac.id/1087/ |
Daftar Isi:
- Peneliti melakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk model piringan cakram terhadap jarak dan waktu pengereman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Parameter yang di uji adalah jarak dan waktu pengereman. Dengan menggunakan alat uji pengereman sesuai dengan acuan SNI 4404:2008. Piringan cakram yang digunakan adalah model A (luas permukaannya 21665,149 dan momen inesia massanya 0,741 kg. ), model B (luas permukaannya 12215,546 dan momen inesia massanya 0,551 kg. ), model C (luas permukaannya 12124,12 dan momen inesia massanya 0,548 kg. ), model D (luas permukaannya 8873,459 dan momen inesia massanya 0,521 kg. ). Hasil penelitian yang didapat adalah Model A memiliki jarak pengereman terbaik dan waktu pengereman tersingkat. Pada kecepatan 20 km/jam dengan tekanan pengereman 30 bar menghasilkan jarak pengereman 2,764 meter dan waktu pengereman 1,328 detik. Pada kecepatan 30 km/jam dengan tekanan pengereman 30 bar menghasilkan jarak pengereman 7,04 meter dan waktu pengereman 2,072 detik. Pada kecepatan 40 km/jam dengan tekanan pengereman 30 bar menghasilkan jarak pengereman 14,05 meter dan waktu pengereman 2,916 detik.