HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN COMMUTER LINE JABODETABEK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Main Author: | Astari Ramdhania Rahayu, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1074/1/SKRIPSI%20ASTARI%20RAMDHANIA%20RAHAYU%20-%208135134138.pdf http://repository.unj.ac.id/1074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga, selama lima bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan dan hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan Commuter Line Jabodetabek pada mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau yang digunakan adalah mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta angkatan 2013 sampai 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 106 orang. Pengambilan sampel tersebut didasarkan pada survei awal yang dilakukan bahwa terdapat 106 mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta yang loyal terhadap Commuter Line Jabodetabek. Untuk menjaring data dari variabel kualitas pelayanan (X1), citra perusahaan (X2) dan loyalitas pelanggan (Y) digunakan model skala Likert.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Persamaan regresi yang dihasilkan X1 dengan Y adalah Y ̂= 38,85 + 0,6205X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung 0,0818, sedangkan Ltabel untuk n= 106 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0860. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 88,35 > 3,91 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 0,90 < 1,62 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan nilai rxy sebesar 0,678. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien kolerasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung (9,40) > ttabel (1,66) sehingga dapat disimpulkan koefisien kolerasi rxy sebesar 0,678 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4593 yang menunjukan bahwa 45,93% variabel loyalitas pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan. Sedangkan persamaan regresi yang dihasilkan X2 dengan Y adalah Y ̂= 39,03 + 0,6158X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung 0,0857, sedangkan Ltabel untuk n= 106 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0860. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 89,67 > 3,91 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,20 < 1,62 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan nilai rxy sebesar 0,680. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien kolerasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung (9,47) > ttabel (1,66) sehingga dapat disimpulkan koefisien kolerasi rxy sebesar 0,680 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4630 yang menunjukan bahwa 46,30% variabel loyalitas pelanggan ditentukan oleh citra perusahaan.