ctrlnum 10730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/10730/</relation><title>PERAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH MULTILINGUAL (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH TANGERANG SELATAN)</title><creator>ATIKA SHEILA NABILLA, .</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Bahasa Indonesia</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai peran orangtua terhadap pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di sekolah multilingual. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Tangerang Selatan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Januari dan Februari tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penyebaran kuesioner. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian adalah 75 orangtua dari anak berusia 5-6 tahun (kelompok usia B) yang bersekolah di lembaga Multilingual wilayah Tangerang Selatan. Keseluruhan hasil dari peneltian ini menunjukan bahwa peran orangtua dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak berada dalam kategori &#x201C;cukup baik&#x201D; dan dibagi dalam tiga indikator. Indikator mengajarkan pembiasaan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 56% dengan kategori &#x201C;baik&#x201D;. Indikator memberikan sarana dan dukungan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 63% dengan kategori &#x201C;cukup baik&#x201D; dan indikator melibatkan dalam kegiatan berbahasa untuk mengembangkan keterampilan memperoleh skor 81% dengan kategori &#x201C;cukup baik&#x201D;.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Keterampilan berbahasa, bahasa Indonesia, anak usia 5-6 tahun, multilingual&#xD; &#xD; This study aims to collect data on the role of parents in developing Indonesian language skills of children aged 5-6 years in multilingual schools. This research was held in South Tangerang. The research data collection was conducted in January and February 2020. The method used in this study is a survey method by distributing questionnaires. The sample used as respondents in the study were 75 parents of children aged 5-6 years (group B) who attended the Multilingual institution in the South Tangerang area. The overall results of this research indicate that the role of parents in developing children's language skills get the category "passable" and is divided into three indicators. The first Indicators is to teach habituation in developing children's skills to score 56% and came up with "good" in the category. Second indicators is to provide facilities and support in developing children's skills to score 63% with "passable" category and the last indicators is to involve in language activities to develop skills to score 81% with "passable" category.&#xD; &#xD; Keywords: Language skills, Indonesian, children aged 5-6 years, multilingual</description><date>2020-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/1/COVER.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/2/BAB%20I.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/3/BAB%20II.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/4/BAB%20III.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/5/BAB%20IV.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/6/BAB%20V.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10730/8/LAMPIRAN.pdf.pdf</identifier><identifier> ATIKA SHEILA NABILLA, . (2020) PERAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH MULTILINGUAL (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>10730</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ATIKA SHEILA NABILLA, .
title PERAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH MULTILINGUAL (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH TANGERANG SELATAN)
publishDate 2020
topic Pendidikan
Bahasa Indonesia
url http://repository.unj.ac.id/10730/1/COVER.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/2/BAB%20I.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/3/BAB%20II.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/4/BAB%20III.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/5/BAB%20IV.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/6/BAB%20V.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/8/LAMPIRAN.pdf.pdf
http://repository.unj.ac.id/10730/
contents Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai peran orangtua terhadap pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di sekolah multilingual. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Tangerang Selatan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Januari dan Februari tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penyebaran kuesioner. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian adalah 75 orangtua dari anak berusia 5-6 tahun (kelompok usia B) yang bersekolah di lembaga Multilingual wilayah Tangerang Selatan. Keseluruhan hasil dari peneltian ini menunjukan bahwa peran orangtua dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak berada dalam kategori “cukup baik” dan dibagi dalam tiga indikator. Indikator mengajarkan pembiasaan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 56% dengan kategori “baik”. Indikator memberikan sarana dan dukungan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 63% dengan kategori “cukup baik” dan indikator melibatkan dalam kegiatan berbahasa untuk mengembangkan keterampilan memperoleh skor 81% dengan kategori “cukup baik”. Kata Kunci : Keterampilan berbahasa, bahasa Indonesia, anak usia 5-6 tahun, multilingual This study aims to collect data on the role of parents in developing Indonesian language skills of children aged 5-6 years in multilingual schools. This research was held in South Tangerang. The research data collection was conducted in January and February 2020. The method used in this study is a survey method by distributing questionnaires. The sample used as respondents in the study were 75 parents of children aged 5-6 years (group B) who attended the Multilingual institution in the South Tangerang area. The overall results of this research indicate that the role of parents in developing children's language skills get the category "passable" and is divided into three indicators. The first Indicators is to teach habituation in developing children's skills to score 56% and came up with "good" in the category. Second indicators is to provide facilities and support in developing children's skills to score 63% with "passable" category and the last indicators is to involve in language activities to develop skills to score 81% with "passable" category. Keywords: Language skills, Indonesian, children aged 5-6 years, multilingual
id IOS7130.10730
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-09-27T15:14:13Z
last_indexed 2020-09-27T15:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1686502353684922368
score 17.538404