ANALISIS KOMPARATIF KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE GOJEK DAN GRAB MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Main Author: | MUHAMMAD RIO FERDIANSYAH, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/10570/14/COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/2/BAB%201.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/3/BAB%202.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/4/BAB%203.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/5/BAB%204.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/15/LAMPIRAN.pdf http://repository.unj.ac.id/10570/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi kepuasan pelanggan Go-Jek, 2) deskripsi kepuasan pelanggan Grab, 3) perbedaan kepuasan pelanggan Go-jek dan Grab. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta. Dengan sampel berjumlah 90 responden dengan rincian 45 pengguna Go-Jek dan 45 pengguna Grab dengan minimal penggunaan 5 kali. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji beda atau paired simple t-test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk pengolahan data. Hasilnya terdapat perbedaan kepuasan pelanggan transportasi ojek online Go-Jek dan Grab dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,004 atau <0,005. Nilai rata-rata kepuasan pelanggan Go-Jek 88,12 dan Grab sebesar 83,54 yang menunjukan tingkat kepuasan pelanggan Go-Jek lebih tinggi. ***************** This study aims to determine: 1) Go-Jek customer satisfaction description, 2) Grab customer satisfaction destription, 3) Go-Jek and Grab customer satisfaction differences. The population in this study were students of State University of Jakarta. With a sample of 100 respondents with details of 50 Go-Jek users and 50 Grab users with 5 times minimum use. The method in this study uses a comparative descriptive method with a quantitative approach. Data analysis techniques using validity, reliability, normality and paired sample t-test using SPSS version for data processing. The result is a differences in customer satisfaction between Go-Jek and Grab has found with a 0,004 significant value (2-tailed) or <0,005. And the average value of Go-Jek is 88,12 and 83,54 for Grab which indicates the level of Go-Jek customer satisfaction is higher.