ctrlnum 10244
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/10244/</relation><title>CULTURAL CONTENT IN AN ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL) TEXTBOOK &#x201C;HELLO JAKARTA&#x201D; FOR GRADE V OF ELEMENTARY STUDENTS</title><creator>ENGGAL FAUZIA LISTIARA SANI, .</creator><subject>Bahasa Inggris</subject><description>Bahasa dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena setiap bahasa akan terikat dengan budaya tertentu dan melalui bahasa nilai-nilai budaya masyarakat tercermin. Dalam kegiatan belajar mengajar, buku teks Bahasa Inggris masih menjadi sumber utama. Karena pentingnya penggunaan buku teks dalam belajar mengajar, memilih buku teks terbaik yang sesuai dengan kebutuhan siswa sangat diperlukan. Sesuai dengan urgensi tersebut, maka menganalisis buku teks menjadi hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja konten budaya yang terdapat dalam buku teks "Hello Jakarta" untuk Siswa Kelas V SD yang diterbitkan oleh Erlangga menggunakan adaptasi kerangka budaya oleh Xiao (2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan studi dokumen dalam bentuk checklist. Data dianalisis melalui langkah-langkah berupa pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks "Hello Jakarta" untuk Siswa Kelas V SD yang diterbitkan oleh Erlangga telah menerapkan konten budaya, kategori budaya yang paling utama digunakan adalah budaya sumber. Buku ini juga telah menggunakan tema budaya C besar dan c kecil yang diusulkan oleh Xiao (2010), peneliti menemukan bahwa budaya C besar lebih didominasi daripada budaya c kecil, namun tidak semua tema budaya C besar dan c kecil digunakan di buku ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku teks ini telah menerapkan konten budaya yang akan membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.&#xD; &#xD; &#xD; Language and culture are inseparable because language serves a particular culture and through the language, the cultural values of a people are reflected. In the teaching and learning English as a foreign language activity textbooks still be the primary resource. Since the importance of using textbook is significant, choosing the best textbook which suitable for students&#x2019; needs is necessary. Regarding this urgency, analyzing textbook is important. This study aims to find out what cultural content are identified in the textbook &#x201C;Hello Jakarta&#x201D; for Grade V of Elementary Students published by Erlangga using the adaptation of cultural framework by Xiao (2010). This study uses a descriptive qualitative approach and used the document study in the form of a checklist. Data were analyzed through the steps of data collection, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the textbook &#x201C;Hello Jakarta&#x201D; for Grade V of Elementary Students published by Erlangga has been used the cultural content, the cultural category that identified majorly in the source culture. The book also has been used the cultural themes big C and little c proposed by Xiao (2010), the researcher found that big C is more dominated rather that little c, yet not all of the big C and little c are appeared. Thus, it can be concluded that this textbook has been used cultural content that will be help student in learning English as a foreign language.</description><date>2020-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/2/CHAPTER%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/3/CHAPTER%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/4/CHAPTER%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/5/CHAPTER%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/6/CHAPTER%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/7/REFFERENCES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/10244/8/APPENDICES.pdf</identifier><identifier> ENGGAL FAUZIA LISTIARA SANI, . (2020) CULTURAL CONTENT IN AN ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL) TEXTBOOK &#x201C;HELLO JAKARTA&#x201D; FOR GRADE V OF ELEMENTARY STUDENTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>10244</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ENGGAL FAUZIA LISTIARA SANI, .
title CULTURAL CONTENT IN AN ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL) TEXTBOOK “HELLO JAKARTA” FOR GRADE V OF ELEMENTARY STUDENTS
publishDate 2020
topic Bahasa Inggris
url http://repository.unj.ac.id/10244/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/2/CHAPTER%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/3/CHAPTER%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/4/CHAPTER%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/5/CHAPTER%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/6/CHAPTER%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/7/REFFERENCES.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/8/APPENDICES.pdf
http://repository.unj.ac.id/10244/
contents Bahasa dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena setiap bahasa akan terikat dengan budaya tertentu dan melalui bahasa nilai-nilai budaya masyarakat tercermin. Dalam kegiatan belajar mengajar, buku teks Bahasa Inggris masih menjadi sumber utama. Karena pentingnya penggunaan buku teks dalam belajar mengajar, memilih buku teks terbaik yang sesuai dengan kebutuhan siswa sangat diperlukan. Sesuai dengan urgensi tersebut, maka menganalisis buku teks menjadi hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja konten budaya yang terdapat dalam buku teks "Hello Jakarta" untuk Siswa Kelas V SD yang diterbitkan oleh Erlangga menggunakan adaptasi kerangka budaya oleh Xiao (2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan studi dokumen dalam bentuk checklist. Data dianalisis melalui langkah-langkah berupa pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks "Hello Jakarta" untuk Siswa Kelas V SD yang diterbitkan oleh Erlangga telah menerapkan konten budaya, kategori budaya yang paling utama digunakan adalah budaya sumber. Buku ini juga telah menggunakan tema budaya C besar dan c kecil yang diusulkan oleh Xiao (2010), peneliti menemukan bahwa budaya C besar lebih didominasi daripada budaya c kecil, namun tidak semua tema budaya C besar dan c kecil digunakan di buku ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku teks ini telah menerapkan konten budaya yang akan membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Language and culture are inseparable because language serves a particular culture and through the language, the cultural values of a people are reflected. In the teaching and learning English as a foreign language activity textbooks still be the primary resource. Since the importance of using textbook is significant, choosing the best textbook which suitable for students’ needs is necessary. Regarding this urgency, analyzing textbook is important. This study aims to find out what cultural content are identified in the textbook “Hello Jakarta” for Grade V of Elementary Students published by Erlangga using the adaptation of cultural framework by Xiao (2010). This study uses a descriptive qualitative approach and used the document study in the form of a checklist. Data were analyzed through the steps of data collection, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the textbook “Hello Jakarta” for Grade V of Elementary Students published by Erlangga has been used the cultural content, the cultural category that identified majorly in the source culture. The book also has been used the cultural themes big C and little c proposed by Xiao (2010), the researcher found that big C is more dominated rather that little c, yet not all of the big C and little c are appeared. Thus, it can be concluded that this textbook has been used cultural content that will be help student in learning English as a foreign language.
id IOS7130.10244
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-09-27T15:14:10Z
last_indexed 2020-09-27T15:14:10Z
recordtype dc
_version_ 1686502351921217536
score 17.538404