PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta)

Main Author: Novera Alita, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1006/1/Skripsi-Novera%20Alita_5115134291.pdf
http://repository.unj.ac.id/1006/
ctrlnum 1006
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1006/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE TERHADAP HASIL&#xD; BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK&#xD; (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta)</title><creator>Novera Alita, .</creator><subject>TL Otomotif, Astronotika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran emaze terhadap hasil belajar mata pelajaran instalasi motor listrik pada Siswa Kelas XI di SMKN 5 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diberikan media pembelajaran emaze dan kelompok satu lagi diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran konvensional. &#xD; Proses pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kedua kelas. Lalu pada setiap kelas di bagi menjadi kelas atas dan kelas bawah. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji analisis varian dua arah. setelah data memenuhi persyaratan normal dan homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Listrik 1 dan kelas XI Listrik 2 di SMK Negeri 5 Jakarta yang berjumlah 68 siswa, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling pada penentuan kelas. Setelah penentuan kelas peneliti menentukan kelas eksperimen dan kontrol ditentukan dengan jumlah siswa yang sama dan secara apa adanya sehingga peneliti tidak campur tangan dalam menentukan kelas kontrol dan ekperimen. &#xD; Teknik analisis data menggukan uji normalitas yaitu uji liliefors dengan taraf signifikan 0,05 menunjukan bahwa data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas menggunakan uji fisher menunjukan bahwa data bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai fhitung lebih besar dari ftabel dengan taraf signifikan 0,05 12,99051 &gt; 2,76 (Media) sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pengaruh kondisi pemberian media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa didalam eksperimen berbeda satu dengan yang lain secara signifikan. Hipotesis yang kedua yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang berada pada kelas atas dengan kelas bawah. (Fhitung &gt; Ftabel; 127,0765 &gt; 2,76). Hipotesis ke tiga yang menyatakan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap pembelajaran tergantung pada tingkat kelas tersebut (Fhitung &gt; Ftabel; 3,529902&gt; 2,76). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok bawah dari pada siswa kelompok kelas atas. Sedangkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran emaze dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok atas daripada kelas kelompok kelas bawah.</description><date>2018-08-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1006/1/Skripsi-Novera%20Alita_5115134291.pdf</identifier><identifier> Novera Alita, . (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1006</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Novera Alita, .
title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Pada SMKN 5 Jakarta)
publishDate 2018
isbn 9785115134291
topic TL Otomotif
Astronotika
url http://repository.unj.ac.id/1006/1/Skripsi-Novera%20Alita_5115134291.pdf
http://repository.unj.ac.id/1006/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran emaze terhadap hasil belajar mata pelajaran instalasi motor listrik pada Siswa Kelas XI di SMKN 5 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diberikan media pembelajaran emaze dan kelompok satu lagi diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran konvensional. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kedua kelas. Lalu pada setiap kelas di bagi menjadi kelas atas dan kelas bawah. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji analisis varian dua arah. setelah data memenuhi persyaratan normal dan homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Listrik 1 dan kelas XI Listrik 2 di SMK Negeri 5 Jakarta yang berjumlah 68 siswa, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling pada penentuan kelas. Setelah penentuan kelas peneliti menentukan kelas eksperimen dan kontrol ditentukan dengan jumlah siswa yang sama dan secara apa adanya sehingga peneliti tidak campur tangan dalam menentukan kelas kontrol dan ekperimen. Teknik analisis data menggukan uji normalitas yaitu uji liliefors dengan taraf signifikan 0,05 menunjukan bahwa data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas menggunakan uji fisher menunjukan bahwa data bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai fhitung lebih besar dari ftabel dengan taraf signifikan 0,05 12,99051 > 2,76 (Media) sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pengaruh kondisi pemberian media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa didalam eksperimen berbeda satu dengan yang lain secara signifikan. Hipotesis yang kedua yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang berada pada kelas atas dengan kelas bawah. (Fhitung > Ftabel; 127,0765 > 2,76). Hipotesis ke tiga yang menyatakan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap pembelajaran tergantung pada tingkat kelas tersebut (Fhitung > Ftabel; 3,529902> 2,76). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok bawah dari pada siswa kelompok kelas atas. Sedangkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran emaze dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok atas daripada kelas kelompok kelas bawah.
id IOS7130.1006
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:40:44Z
last_indexed 2019-07-23T08:40:44Z
recordtype dc
_version_ 1686502314900193280
score 17.538404