Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Keagamaan terhadap Tingkat Pengamalan Keagamaan Masyarakat Di Desa Nusuk Kabupaten Kaur

Main Author: Witisma, Noni
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Pasca Sarjana IAIN Bengkulu , 2020
Online Access: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/3239
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/3239/2427
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Keagamaan terhadap Tingkat Pengamalan Keagamaan Masyarakat Di Desa Nusuk Kabupaten Kaur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur; Untuk mengetahui pengaruh pemahaman keagamaan terhadap pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur; Untuk mengetahui pengaruh antara tingkat pendidikan dan pemahaman keagamaan terhadap tingkat pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh bahwa t-hitung > dari t-tabel, yaitu t-hitung sebesar 4,362 sedangkan t-tabel sebesar 2,000.Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman keagamaan dengan pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur.Hal ini dibuktkan dari hasil analisis diperoleh t-hitung > t-tabel, yaitu t-hitung sebesar 5,583 dan t-tabel sebesar 2,000.Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pemahaman keagamaan terhadap tingkat pengamalan keagamaan masyarakat di Desa Nusuk Kabupaten Kaur. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh F-hitung sebesar 42,937 dengan f-tabel sebesar 3,11. Artinya F-hitung > f-tabel (42,937 > 3,11).