IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Main Author: Utama, Dwi Praja
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Bengkulu , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/2685
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/2685/2155
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisa data dengan Redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang disimpulkan sebagai berikut : 1) Perencanaaan pembelajaran oleh guru SMAN 1 Bengkulu Tengah berdasarkan standar kompetensi yang akan dicapai memuat tujuan pembelajaran, materi, metode mengajar sumber belajar dan hasil belajar. Perencanaan dibuat degan mempertimbangkan tujuan yang hendak dicapai, alat apa yang digunakan, materi apa yang diajarkan dengan cara mengevaluasi dan perencanaan pembelajaran, 2) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bengkul Tengahyakni kegiatan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa, 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang berupa a) (pre-test) tes awal, tes ini merupakan tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai. b) tes tengah kegiatan yakni tes yang dilaksanakan di sela-sela atau pada waktu-waktu tertentu selama proses pembelajaran berlangsung. c) Post-test yaitu test yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir, d) tes formatif tes ulangan harian, tengah semester dan f) tes sumatif berupa ulangan semester. Evaluasi terencana yang dilakuakkn oleh guru terakomodir dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga pelaksanaanya berjalan seuai dengan kebutuhan yang diajarkan.