PERANAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI BENGKULU DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN TERJADINYA MALADMINISTRASI

Main Author: Yolanda, Alfenia
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Bengkulu , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.umb.ac.id/index.php/panjikeadilan/article/view/PK-V2N1A6
http://jurnal.umb.ac.id/index.php/panjikeadilan/article/view/PK-V2N1A6/pdf
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu dalam melakukan pencegahan terjadinya maladministrasi pelayanan publik dan juga untuk mengetahui faktor apa sajakah yang memicu terjadinya pelanggaran maladministrasi di Provinsi Bengkulu. Wawancara dilakukan terhadap asisten Ombudsman Republik Indonesia. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris dengan penelitian bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Penelitian bahwa bentuk pencegahan Maladministrasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu yaitu melakukan pengawasan dengan mengawasi pelayanan publik di Kota Bengkulu yang memiliki dua bentuk yaitu melakukan Investigasi berdasarkan laporan masyarakat dan melakukan inisiatif investigasi Ombudsman itu sendiri. Faktor yang memicu pelanggaran Maladministrasi sering terjadi diprovinsi Bengkulu adanya pegawai yang memiliki produktivitas kerja yang rendah serta rendahnya kesadaran diri pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan.Kata kunci: maladministrasi; pelayanan publik; ombudsmanABSTRACTThis study aims to determine the role of the Ombudsman of the Republic of Indonesia Representative of Bengkulu Province in preventing the occurrence of maladministration of public services and also to find out what factors triggered the occurrence of maladministration violations in Bengkulu Province. Interviews were conducted with the Indonesian Ombudsman assistant. This type of research is empirical juridical with descriptive research with observation, interview and documentation data collection techniques. Based on the results of the study that the form of prevention of maldministration carried out by the Ombudsman of the Republic of Indonesia Representative of Bengkulu Province was to supervise by supervising public services in Bengkulu City which had two forms, namely investigating based on community reports and conducting investigative initiatives of the Ombudsman itself. Factors that trigger violations of Maladministration often occur in the province of Bengkulu, there are employees who have low work productivity and low self-awareness of employees in improving service quality.Keywords: maladministration; public service; ombudsman