Editorial

Main Author: TEKNODIK, Redaksi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan , 2015
Online Access: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139
https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139/138
ctrlnum article-139
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Editorial</title><creator>TEKNODIK, Redaksi</creator><description lang="id-ID">Sidang pembaca yang kami hormati, mengawali tahun 2015 segenap pengelola jurnal mengucapkan syukur alhamdulillah, berkat rahmat, kurnia dan ijin Allah SWT Jurnal Teknodik Volume IX nomor 1 edisi April 2015 dapat hadir di hadapan Anda. Seperti biasa, dalam edisi ini disajikan 10 artikel yang erat kaitannya denganmasalah teknologi pendidikan maupun teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan/pembelajaran. Sepuluh artikel yang kami sajikan berikut ini meliputi tulisan-tulisan yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian. Selamat menikmati, mudah-mudahan bermanfaat.Penyebarluasan pemanfaatanTIK untuk pendidikan/pembelajaran ke masyarakat luas merupakan salah satu misi yang diemban oleh jurnal Teknodik. Untuk mengawali edisi ini, Jurnal Teknodik menyajikan tulisan Saripudin yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0. Menurutnya, perkembangan di bidang TIK yang begitu cepat menuntut adanya perubahan yang cepat pula dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya bidang pendidikan/pembelajarn. Selanjutnya, Saripudin menyatakan bahwa karakteristik umum model pembelajaran abad pengetahuan berbeda dengan karakteristik pembelajaran abad industrialisasi. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad industrial, seperti belajar fakta, drill dan praktik, kaidah dan prosedur digantikan dengan belajar dalam konteks dunia nyata, otentik melalui problem dan proyek, inkuiri, discovery, dan invensi. Pola belajar yang diterapkan pada masa industrialisasi sudah dianggap tidak cocok lagi di abad pengetahuan, di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, dan teknologi tersebut kini menjadi katalis penting untuk gerakan menuju model pembelajaran di abad pengetahuan. Sehubungan dengan hal ini, Saripudin membahas tentang perancangan model pembelajaran abad 21 dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning, Project Oriented Learning, dan Cooperative Learning dengan teknologi informasi Web 2.0.</description><publisher lang="en-US">Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan</publisher><date>2015-06-16</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139</identifier><identifier>10.32550/teknodik.v19i1.139</identifier><source lang="en-US">Jurnal Teknodik; Jurnal Teknodik Vol.19 No. 1, April 2015; Hal. ii-iv</source><source lang="id-ID">Jurnal TEKNODIK; Jurnal Teknodik Vol.19 No. 1, April 2015; Hal. ii-iv</source><source>2579-4833</source><source>2088-3978</source><source>10.32550/teknodik.v19i1</source><language>ind</language><relation>https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139/138</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 Jurnal Teknodik</rights><recordID>article-139</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
author TEKNODIK, Redaksi
title Editorial
publisher Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan
publishDate 2015
url https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139
https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/139/138
contents Sidang pembaca yang kami hormati, mengawali tahun 2015 segenap pengelola jurnal mengucapkan syukur alhamdulillah, berkat rahmat, kurnia dan ijin Allah SWT Jurnal Teknodik Volume IX nomor 1 edisi April 2015 dapat hadir di hadapan Anda. Seperti biasa, dalam edisi ini disajikan 10 artikel yang erat kaitannya denganmasalah teknologi pendidikan maupun teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan/pembelajaran. Sepuluh artikel yang kami sajikan berikut ini meliputi tulisan-tulisan yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian. Selamat menikmati, mudah-mudahan bermanfaat.Penyebarluasan pemanfaatanTIK untuk pendidikan/pembelajaran ke masyarakat luas merupakan salah satu misi yang diemban oleh jurnal Teknodik. Untuk mengawali edisi ini, Jurnal Teknodik menyajikan tulisan Saripudin yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0. Menurutnya, perkembangan di bidang TIK yang begitu cepat menuntut adanya perubahan yang cepat pula dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di dalamnya bidang pendidikan/pembelajarn. Selanjutnya, Saripudin menyatakan bahwa karakteristik umum model pembelajaran abad pengetahuan berbeda dengan karakteristik pembelajaran abad industrialisasi. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad industrial, seperti belajar fakta, drill dan praktik, kaidah dan prosedur digantikan dengan belajar dalam konteks dunia nyata, otentik melalui problem dan proyek, inkuiri, discovery, dan invensi. Pola belajar yang diterapkan pada masa industrialisasi sudah dianggap tidak cocok lagi di abad pengetahuan, di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, dan teknologi tersebut kini menjadi katalis penting untuk gerakan menuju model pembelajaran di abad pengetahuan. Sehubungan dengan hal ini, Saripudin membahas tentang perancangan model pembelajaran abad 21 dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning, Project Oriented Learning, dan Cooperative Learning dengan teknologi informasi Web 2.0.
id IOS7108.article-139
institution Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
institution_id 304
institution_type library:special
library
library Perpustakaan Kemendikbud
library_id 195
collection Jurnal Teknodik
repository_id 7108
subject_area Teknologi Pendidikan
city JAKARTA SELATAN
province DKI JAKARTA
repoId IOS7108
first_indexed 2019-04-03T09:37:27Z
last_indexed 2019-04-03T09:37:27Z
recordtype dc
_version_ 1686500043269341184
score 17.538404