INDUSTRI BATIK KENONGODI MADIUN EKSPLORASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI DISCOVERY LEARNING

Main Authors: Hamdiyah, Laili Masithoh, Suryani, Nunuk, Musadad, Akhmad Arif
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Balai Pelestarian nilai budaya Daerah Istimewa Yogyakarta , 2018
Subjects:
Online Access: http://patrawidya.kemdikbud.go.id/index.php/patrawidya/article/view/39
http://patrawidya.kemdikbud.go.id/index.php/patrawidya/article/view/39/26
Daftar Isi:
  • Artikel ini didasarkan pada hasilpenelitian dengan tujnan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan model discovery learning dalam proses pembelajaran untuk mengeksplorasi materi sejarah lokal tentang industri Batik Kenongo di Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah industri Batik Kenongo merupakan bagian dari sejarah lokal yang harus diekplorasi dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yakni discovery learning. Selain untuk memperkenalkan Batik Kenongo pada siswa (khususnya di Madiun), eksplorasi juga bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap kebudayaan lokal. Hal ini terlihat saat ada siswa melakukan penelitian di Desa Kenongorejo, Kabupaten Madiun yang merupakan tempat industri batik tersebut. Eksplorasi sejarah industri Batik Kenongo dalam pembelajaran sejarah melalui model discovery learning mampu membangkitkan antusiasme siswa terhadap informasi kesejarahan dari Batik Kenongo. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa model discovery learning mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengkonstruksi pemahaman sejarah mereka terhadap Sejarah Industri Batik Kenongo di Madiun.This article is based on research results with a purpose to describe how to use the model of discovery learning in process of learning to explore the local historical material about industry of Batik Kenongo in Madiun.This research used qualitative method. The results showed that the history ofBatik Kenongo industryis part of local history that should be explored in the history teaching using one of the learning models, that is Discovery Learning. In addition to introducing Batik Kenongo on students (particularly in Madiun), exploration can also increase their love of local culture. This is seen when there are students doing research in the Village Kenongorejo, Madiun district which is where thebatik industry. Exploring the history of Batik Kenongo industry in learning history through the model of discovery learning can generate students' enthusiasm for the historical Information of Batik Kenongo.Thus it can be said that the model of Discovery Learning is able to provide the widest opportunity to students to construct their historical understanding of the History of Kenongo Batik Industry in Madiun.