PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA, KABUPATEN MAROS [Effect of Group Discussion Method towards The Speaking Skills of Bahasa Indonesia of Eight Grade students of SMPN 2 Cenrana, Maros Recency]

Main Author: Hamzah Fansury, A
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kantor Bahasa Gorontalo , 2017
Subjects:
Online Access: http://telagabahasa.kemdikbud.go.id/index.php/telagabahasa/article/view/6
http://telagabahasa.kemdikbud.go.id/index.php/telagabahasa/article/view/6/6
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran pengaruh metode diskusi kelompok terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana, Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan independent t-test sebagai alat ukur penelitian guna mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berbicara. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cenrana, Kabupaten Maros sebanyak 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jadi jumlah sampel yang digunakan 40 orang dan dibagi menjadi 20 orang tiap kelasnya. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan SPSS 16 untuk windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan yang diberikan metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMPN 2 Cenrana Kab. Maros. This study aimed to obtain information about the effectiveness of group discussion method to bahasa Indonesia speaking skills of students Eight Grade students of SMPN 2 Cenrana . This research is a quantitative study . The method used is a quasi experimental design. This study using independent t - test as a measurement tools to determine any significant effect of group discussion method to speaking skills. The population was students of SMP 2 Cenrana grade VIII , consist of 63 students. Sampling technique used in this research is random sampling . The sampling used 40 students that was divided into two classes. Data were analyzed by using SPSS 16 for windows. Based on the research results obtained ,the researcher concluded that there is a significant effect given by the group discussion method to students speaking ability of SMP 2 Cenrana. Maros regency.