Persepsi Netizen Indonesia Terhadap Logo dan Maskot Asian Games 2018

Main Author: Baskoro, M. Lahandi; Universitas Trilogi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Indraprasta PGRI , 2016
Subjects:
Online Access: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/706
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/706/625
Daftar Isi:
  • Indonesia akan menggelar Asian Games 2018, sebuah ajang olahraga terbesar di benua Asia. Perhelatan ajang olahraga skala regional ini memiliki arti penting bagi tuan rumah penyelenggara, karena momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun citra positif Indonesia di mata negara lainnya. Menariknya, saat desain maskot Asian Games 2018 ini diluncurkan pada 27 Desember 2015, beberapa hari kemudian ia menjadi trending topic di media sosial Twitter. Netizen Indonesia riuh menganggap bahwa desain tersebut tidak layak untuk menjadi maskot ajang sekelas Asian Games. Pemerintah akhirnya menugaskan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk merevisi logo dan maskot Asian Games 2018 tersebut. Penelitian ini berupaya untuk mengukur tingkat kepuasan (atau ketidakpuasan) netizen Indonesia terhadap logo dan maskot Asian Games 2018, serta mengeksplorasi sisi apa yang menyebabkan ketidakpuasan tersebut, sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi proses revisi. Survei dilakukan dengan pendekatan voluntary response sampling dan berhasil mendapatkan 873 responden.