Desain Visual dan Komunikasi Bisnis dalam Perencanaan Event Peluncuran Buku Mantappu Jiwa
Main Authors: | Sriganda, Mercy Lona Darwaty Ryndang; Universitas Indraprasta PGRI, Suprianto, Prin, Rohman, Rofi Saeful |
---|---|
Other Authors: | Universitas Indraprasta PGRI |
Format: | Article info Cultural Studies application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Indraprasta PGRI
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/6274 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/6274/3256 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/downloadSuppFile/6274/971 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/downloadSuppFile/6274/973 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/downloadSuppFile/6274/974 |
Daftar Isi:
- Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa merupakan sebuah buku autobiografi yang ditulis oleh seorang content creator YouTube bernama Jerome Polin Sijabat yang khusus mengangkat konten edukasi dan informasi tentang matematika, budaya, dan kehidupannya selama menjalani pendidikan di Jepang. Peluncuran buku tersebut dikemas dalam sebuah event yang diadakan di salah satu Mall di Jakarta Selatan pada tanggal 16 Agustus 2019. Event peluncuran buku merupakan salah satu kegiatan promosi guna membangun awereness terhadap audience. Sebelum diadakan sebuah event peluncuran buku terdapat tahapan yang dilakukan yakni pembuatan iklan melalui media digital yang menggunakan desain visual. Tahapan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perencanaan event peluncuran buku. Tujuan penulisan untuk memberikan gambaran mengenai perencanaan event peluncuran buku dan event peluncuran Buku Latihan Soal Matappu Jiwa sebagai subjek analisisnya. Selain itu, dengan gambaran tersebut dapat lebih memahami bentuk desain visual dan komunikasi bisnis yang ada dalam sebuah acara peluncuran buku. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber literatur, jurnal artikel ilmiah, dan kiriman yang terdapat di website dan akun media sosial dari penulis dan penerbit yaitu PT Gramedia Pustaka. Dari data yang diperoleh bahwa sebelum mengadakan event peluncuran buku dilakukan perencanaan berupa komunikasi melalui media digital sebagai pengambil keputusan diadakannya event tersebut.