PEDEKATAN KONTEKTUALDALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN PROSES BELAJAR AKTIP, KREATIF DAN MENYENANGKAN

Main Author: Tanu, I Ketut; Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Format: Article info eJournal
Terbitan: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1071
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kontekstual bertujuan membantu peserta didik melihat makna dalam bahan pelajaran yang dipelajari dengan cara menghubungkannya pada konteks kehidupan sehari-hari, yaitu dengan konteks lingkungan pribadi, agama, sosial dan budaya. untuk mencapai tujuan tersebut, maka pembelajaran kontektual akan menuntun peserta didik melakukan kegiatan yang bermakna, mengatur cara belajar sendiri, bekerja sama, berpikir kritis dan kreatif.Untuk menerapkan pembelajaran kontekstual dalam belajar terlebih dahulu harus memahami dasar teori pembelajaran kontekstual, karakteristik pembelajaran kontekstual, dan komponen- komponen apa saja yang terkandung dalam pembelajaran kontekstual. Dengan hal tersebut baru akan dipahami bagaimana cara menerapkan pembelajaran kontekstual dalam belajar agar proses pembelajaran menjadi baik sesuai apa yang ingin dicapai oleh seorang pengajar.Kata kunci : Pendekatan kontekstual, Belajar . Contextual learning aims to help students see meaning in the learning material learned by connecting it to the context of everyday life, namely in the context of personal, religious, socialand cultural environments. to achieve this goal, contextual learning will guide students to carry out meaningful activities, organize their own learning, work together, think critically and creatively.To apply contextual learning in learning must first understand the basic contextual learning theory, the characteristics of contextual learning, and what components are contained in contextual learning. With this, it will be understood how to apply contextual learning in learning so that the learning process becomes good according to what the teacher wants to achieve. Keywords: contextual approach, learning.