PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN TEMATIK BERORIENTASI PEMECAHAN MASSALAH MATEMATIKA TERBUKA UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERPIKR DIVERGEN, KRITIS DAN KREATIF

Main Author: Sudiarta, I Gusti Putu; Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang Kemendikbud
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Balitbang Kemendikbud , 2007
Subjects:
Online Access: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/346
http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/346/230
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan (I) mengkaji hakikat pendekatan tematik dalam pembelajaran matematika dan kesesuaiannya dengan tuntutan KBK, (2) mengkaji pendekatan pembelajaran matematika berorientasi pada pemecahan masalah matematika terbuka, (3) mendeskripsikan pengertian kompetensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif, beserta indikator-indikatornya, dan (4) memberikan contoh model pemecahan masalah matematika terbuka untuk mengembangkan kompetensi berpikit; divergen, kritis, dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Kompelensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif di kalangan peserta didik adalah sangat penting dalam era persaingan global, karena tingkat kompleksitas permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern semakin tinggi. Pendekatan tematik memberi kesempatan kepada peserta didik untuk secara mendalam mengkaji topik-topik matematika yang dikemas secara menarik dan kontekstual, sedangkan pemecahan masalah matematika terbuka memberikan kesempatan luas untuk melakukan investigasi masalah matematika secara mendalam, sehingga siswa dapat mengkonstruksi segala kemungkinan pemecahannya secara divergen, kritis dan kreatif.