PENERAPAN AUTHENTIC ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI

Main Authors: Ade Irma Suryani, TF140545, Nasrun, , Sukmawati, Nissa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/957/1/TF%20140545%20ADE%20IRMA%20SURYANI%20TADRIS%20FISIKA%20-%20Ade%20Irma.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/957/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas penerapan authentic assessment dalam pembelajaran IPA. Kajian dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya guru dalam menerapkan berbagai model penilaian yang merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan mengembangkan sistem penilaian autentik dalam pembelajaran IPA melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dirancang dalam 2 siklus dan dilaksanakan di kelas VIII 1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi kinerja guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu hasil rata- rata tes akhir siswa pada akhir siklus II adalah: 76,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,82%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan authentic assessment dalam pembelajaran IPA.